MAHASISWA KKN-IK IAIN KUDUS MEMBANTU PELAKSANAAN POSYANDU BALITA DI DESA

GUYANGAN- Pos Pelayanan Keluarga Berencanan Kesehatan Terpadu (Posyandu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. Lokasi posyandu umumnya mudah di jangkau masyarakat, mulai dari lingkungan desa atau keluarahan hi8ngga RT dan RW.

 

Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus membantu pelaksanaan posyandu di Dukuh Dongklo Ds.Guyangan pada hari Jum’at (10/09/2021). posyandu ini digelar rutin setiap satu bulan sekali yaitu setiap tanggal 10. Kegiatan posyandu ini dilaksanakan di rumah warga di Dongklo. Kegiatan posyandu ini dimulai pukul 09.00 WIB samapai selesai. Selama kegiatan beralngsung mahasiswa KKN-IK membantu dalam pendaftaran ibu-ibu yang mendaftarkan balita. Posyandu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap tumbuh kembang balita di Dukuh Dongklo Desa Guyanagan . kegiatan posyandu di Dukuh Dongklo di hadiri kurang lebih 40 balita.

Kegiatan posyandu ini diawali dengan pendaftaran (mengisi daftar hadir balita), penimbngan berat badan, pemberian makanan tambahan, pengisian buku KIA (buku kesehatan ibu dan anak) dimana dalam buku tersebut terdapat pemantuan kenaikan berat badan balita setiap bulan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan